Rabu, 17 April 2013

Sarana dan Prasarana Kepariwisataan


Kesuksesan dalam pengembangan sektor pariwisata tidak bisa terlepas dari sarana dan prasarana yang ada di suatu Daerah Tujuan Wisata (DTW) tersebut. Sarana penunjang yang dimiliki oleh Desa Wisata Karangbanjar antara lain gedung pertemuan, homestay, dan Bumi Perkemahan Munjuluhur.
Gedung Balai Pertemuan merupakan sekretariat Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) ‘Sinar Pesona’ sebagai pengelola Desa Wisata Karangbanjar. Namun ketika ada wisatawan dalam kelompok besar, gedung tersebut difungsikan sebagai tempat penerimaan dan pelepasan tamu atau wisatawan. Gedung tersebut cukup besar, mampu menampung sekitar 300 orang pengunjung. Di gedung tersebut pula diletakkan sanggul raksasa terbesar di dunia hasil karya para pengrajin rambut di Desa Karangbanjar, sehingga menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan yang berkunjung ke Desa Wisata Karangbanjar.
Desa Wisata Karangbanjar memiliki 68 buah homestay, yang terbagi ke dalam 3 (tiga) wilayah dusun secara merata. Dengan kualitas yang tersetandarisasi dan harga yang relatif terjangkau, homestay-homestay yang terdapat di Desa Wisata Karangbanjar dapat memudahkan akomodasi bagi para wisatawan yang akan menginap. Sedangkan bagi para pemilik homestay, hal tersebut merupakan kegiatan ekonomi yang cukup menguntungkan.
Selain itu, di Desa Wisata Karangbanjar juga terdapat Bumi Perkemahan (Buper) Munjuluhur Adventure Zone. Buper tersebut mempunyai pemandangan yang sangat indah dan alami, serta dilengkapi dengan wahana outbond yang  cukup lengkap. Oleh karena itu, berbagai kegiatan mulai dari level Kecamatan, Kabupaten, Provinsi hingga Nasional seringkali diadakan di Buper Munjuluhur.
Berbagai tempat makan dengan berbagai pilihan menu juga terdapat di sekitar wilayah Desa Wisata Karangbanjar, sehingga memudahkan para wisatawan untuk berwisata kuliner dan mencoba berbagai makanan khas dari Desa Karangbanjar.
Selain sarana-sarana pariwisata diatas, keberadaan Desa Wisata Karang banjar juga sangat strategis, karena diapit oleh beberapa obyek wisata yang sangat menarik untuk dikunjungi. Obyek-obyek wisata tersebut antara lain:
-          Obyek Wisata Owabong, berjarak 1 km;
-          Obyek Wisata Sanggaluri Park, yang terdiri dari Taman Reptil, Museum Uang, Museum Wayang dan Artefak, berjarak  0,5 km;
-          Obyek Wisata Purbasari Pancuran Mas (Akuarium Raksasa), berjarak 5 km;
-          Obyek Wisata Gua Lawa, berjarak 18 km;
-          Obyek Wisata Kebun Stroberi, berjarak 25 Km;
-          Obyek Wisata Monumen Jendral Soedirman 30 Km;
-          Dan lain-lain.
Keberadaan obyek-obyek wisata di sekitar wilayah Desa Karangbanjar merupakan keuntungan tersendiri, terutama untuk menarik minat wisatawan mengunjungi Desa Wisata Karangbanjar. Banyak dari para wisatawan yang pada awalnya hanya berkunjung ke obyek-obyek wisata di sekitar Karang Banjar, akhirnya mengunjungi Desa Karangbanjar karena aksesnya yang sangat mudah tersebut.

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More